Selasa, 26 Mei 2015

MEMBUAT GETUK



Pada hari Rabu, 11 Februari 2015 kami semua mendapat tugas untuk membuat gethuk di sekolah. Bu Nining berbicara yang harus dibawa untuk membuat gethuk. Kami membuat gethuk tanggal 13 Februari 2015. Saat Bu Nining menyuruh untuk berdiskusi secara kelompok, kami pun berdiskusi. Yang membawa gula putih 1 kg adalah Syifa, yang membawa baskom besar adalah Kiki, sedangkan Rizal membawa nampan plastik dan uleg-uleg batu. Devan membawa sendok, Ikal membawa tissue dan plastik, dan aku membawa kelapa muda dan cetakan kue. Tetapi di kelompokku semua tidak ada yang mau membawa ubi jalar. Jadi aku yang membawa ubi jalar 1 kg dan cetakan kue. Yang membawa kelapa muda adalah Devan. Setelah selesai kita diskusikan akhirnya kita semua sepakat.

Saat hari pembuatan gethuk, Hari Jumat (13 Februari 2015) semua sudah membawa yang harus dibawa, tetapi Devan tidak membawa sendok. Aku, Syifa dan Kiki membawa tempat makan dan sendok sendiri. Kita membuat saat pelajaran tematik dan PD.
Bu Nining menyuruh mengeluarkan semua barang yang dibawa untuk membuat gethuk. Kita mulai membuat gethuknya. Cara :
·      1. Keluarkan ubi jalar yang sudah dikukus, lalu tumbuk sedikit
·      2. Masukkan ubi jalar yang sudah ditumbuk sedikit ke dalam baskom. Lalu tumbuk lagi hingga halus memakai uleg-uleg batu yang dilapisi dan beri gula dan garam secukupnya.
·      3. Jika sudah halus masukkan ke dalam nampan dan diratakan

Saat sampai cara pembuatan tersebut, bel berbunyi dan bu Nining menyuruh untuk istirahat dahulu. Ubi jalar yang sudah dimasukkan ke dalam nampan diberi plastik (atasnya) agar tidak terkena debu. Dan kami lanjutkan saat pelajaran PD. Lanjutan cara pembuatan gethuk:
·      4. Setelah dimasukkan ke dalam nampan, lalu dicetak sesuai selera
·      5. Dan disajikan dengan kelapa muda yang sudah diparut dan dikukus serta gula halus

Setelah selesai membuat, yang akan dimakan di sekolah terlalu banyak, jadinya yang ingin nambah silahkan mengambil. Yang dimakan di sekolah jadi sedikit. Bu Nining berkata kelompok yang menang adalah kelompok yang di nampannya bersih. Hanya aku, Kiki, Ikal saja yang menghabiskannya. Dan kita menjadi juara 3.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar